KKN (Kakek-Kakek Narsis) Dianggap Lecehkan Perempuan


               








Kapanlagi.com - Tayangan Kakek-Kakek Narsis (KKN) yang disiarkan Trans TV setiap hari Senin-Jumat pukul 00.00 WIB kembali mendapatkan kritikan. Dan kali ini yang keberatan dengan tayangan variety show yang pernah dibintangi oleh Nikita Mirzani itu adalah lembaga remotivi.
Dalam press release yang diterima redaksi KapanLagi.com®, remotivi sendiri adalah inisiatif warga untuk memantau tayangan TV di Indonesia. Dan menurut mereka, KKN memiliki nilai muatan yang melecehkan perempuan. Remotivi berpendapat bahwa KKN memiliki indikasi men-'diskriminasi' dan 'kekerasan' terhadap perempuan.
Sesuai dengan UU no 7 Tahun 1984 mengenai penghapusan segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan dan UUD 1945 bab XA mengenai HAM pada pasal 28C yang menyatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk memperjuangkan haknya, remotivi memiliki kritikan sendiri terhadap acara yang juga pernah memasangkan Indra Birowo sebagai salah satu pengisi acaranya.
Beberapa poin besar yang dijelaskan oleh remotivi adalah mengenai ketidaksetaraan relasi gender, objektivikasi tubuh perempuan yang lebih membuat kaum perempuan sebagai asosiatif seksual, stereotip perempuan di mata masyarakat, kekerasan verbal, iklan produk anak yang pernah muncul di sela-sela tayangan KKN serta pelanggaran HAM berbasis gender.
Surat terbuka yang dikirim oleh Roy Thaniago selaku koordinator remotivi yang juga dikirimkan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Lembaga Sensor Film (LSF) dan Komnas Perempuan itu akhirnya mengambil keputusan agar pihak Trans TV menghentikan acara KKN. Selain itu mereka juga meminta KPI lebih bersikap optimal terhadap indikasi sensitif gender yang terjadi di dalamnya.


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger