Menjelajahi Lobang Jepang di Bukittinggi



Lobang Jepang yang penuh sejarah dan misteri (Dian Ekawati/ACI)

Bukittinggi merupakan ikon wisata Sumatera Barat. Alam dan suasananya sangatlah memesona. Tidak hanya itu, di sana juga terdapat Gua Lobang Jepang yang terkenal. Terowongan ini penuh sejarah kelam dari zaman penjajahan Jepang.

Saat traveling ke Sumatera Barat, sempatkanlah berkunjung ke Lobang Jepang di Bukittinggi. Tempat ini terletak di dalam kawasan Ngarai Sianok, sekitar 2 jam dari Kota Padang. Biaya masuk ke kawasan Ngarai Sianok sekitar Rp 10.000, sudah termasuk tiket ke Lobang Jepang.
Pinta masuk (Dian Ekawati/ACI)
Lobang ini dibangun oleh pemerintahan Jepang saat menduduki Indonesia 70 tahun silam. Tempat ini berfungsi sebagai benteng pertahanan Jepang dalam menghadapi Perang Asia Timur Raya.

Lobang Jepang ini memiliki 16 ruangan, seperti ruang makan, dapur, ruang pengintaian, penjara, ruang penyiksaan, ruang amunisi, dan lain-lain. Lobang ini memiliki panjang sekitar 1.400 meter dan menjadi salah satu terowongan terpanjang di Indonesia.
Ruang amunisi (Dian Ekawati/ACI)
Pembuatan terowongan ini memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Setelah dipaksa membangun terowongan ini, para pribumi dibunuh agar rahasia bangunan ini tidak bocor. Ada ratusan rakyat yang dibunuh saat itu, serta menjadi sejarah yang kelam.

Saat menelusuri Lobang Jepang ini, Anda seolah akan memasuki ruang waktu saat masa penjajahan. Setiap sudut akan memberikan kesan dan pengalaman tersendiri untuk Anda. Jangan takut, tempat ini telah disediakan fasilitas listrik dan pemandu yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk Anda.

Jadi, kapan Anda akan berkunjung ke Lobang Jepang di Bukittinggi? Dijamin, ada cerita tersendiri saat Anda menjelajahi tempat tersebut.
Masih asli buatan manusia (Dian Ekawati/ACI)
Termasuk kawasan Ngarai Sianok (Dian Ekawati/ACI)


Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger