Google Patenkan Metode Pendeteksi Wajah di Video


Metode deteksi wajah memang sudah umum dalam dunia fotografi, namun beda halnya dalam dunia video. Biasanya metode deteksi wajah dalam video hanya ada dalam proyek atau penelitian tertentu. Namun kali ini Google akan ikut menerapkannya. Google mengajukan paten mengenai teknologi dan metode pengenalan wajah dalam video.
Metode yang digunakan adalah menangkap kumpulan frame dalam video untuk menghasilkan bentuk wajah seseorang. Setelah mengetahui tampilan wajah seseorang dari berbagai sudut, Google bisa mengidentifikasi wajah orang tersebut dalam video yang diputar.
Implementasi dari metode ini kemungkinan akan diterapkan pada situs YouTube. Pengguna nantinya bisa menandai (tag) nama pada video. Fitur tanda ini mirip dengan beberapa situs jejaring sosial pada umumnya.
Implementasi lain dari metode ini bisa diterapkan Google Project Glass. Metode ini mengenali wajah sesorang dan memperoleh informasi mengenai orang tersebut. Namun demikian, masih belum jelas implementasi apakah yang nantinya akan diterapkan oleh Google.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger