Biaya Interkoneksi SMS Mulai Berlaku, Tri Ubah Skema SMS Gratis


 

Mulai hari ini (1/6/2012) tarif interkoneksi pada pengiriman SMS lintas operator diberlakukan. Dengan perubahan skema dari Sender Keep All (SKA) ke cost-based, operator pengirim SMS akan dikenakan biaya Rp 23/SMS. Perhitungan biaya interkoneksi ini mengikuti perhitungan tahun 2010 lalu.

Dengan perubahan ini, para operator yang memberikan layanan SMS gratis ke operator diperkirakan akan merubah layanan tersebut. Sementara besaran biaya SMS yang dibebankan ke pelanggan menjadi kebijakan operator masing-masing.

PT Hutchison CP Telecommunications (3/Tri) mulai hari ini memberlakukan skema SMS gratis yang baru. Skema yang baru ini masih memberlakukan SMS gratis lintas operator, namun ada pembatasan kuota. Untuk pelanggan Tri Prabayar, batas pengiriman bonus SMS gratis ke operator lain menjadi 200 SMS/hari. Pengiriman yang melebihi kuota akan dikenakan tarif yang berlaku saat ini, yaitu Rp 99/SMS. Sementara pengiriman SMS ke sesama Tri tidak mengalami perubahan.

Kebijakan pemerintah terkait pemberlakuan biaya interkoneksi ini diambil karena banyaknya SMS Spam yang memanfaatkan layanan SMS gratis. Para pengirim SMS tersebut sering kali memberikan penawaran, penipuan dan cyber crime lainnya. Dengan kebijakan ini, pemerintah berharap SMS Spam akan hilang dan terjadi persaingan sehat antar operator.

Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger