Kali Kresek Kini Lebih Tertata





JAKARTA, Kompas.com - Kawasan pemukiman di sepanjang Jalan Inspeksi Kali Kresek, Kelurahan Lagoa, Jakarta Utara, yang dahulu kumuh, kini telah berubah menjadi kawasan yang lebih tertata. Selain membersihkan lingkungan, salah satu upaya yang dilakukan warga bersama pihak Kelurahan Lagoa untuk merapikan kawasan tersebut adalah menggelar Festival Pesisir Kuliner Kresek Lagoa pada Rabu (23/5/2012).

Lurah Lagoa, Sri Suhartini mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan masyarakat sekitar Kali Kresek. Sebelumnya kawasan pemukiman di sekitar Kali Kresek adalah kawasan yang tidak tertata. Banyaknya gubuk liar, tempat barang-barang bekas, serta sampah-sampah yang menggenang di kali membuat kawasan tersebut kotor dan kumuh.

"Lahan-lahan kumuh tersebut yang kami manfaatkan untuk dibangun kawasan kuliner," ujarnya.

Sri Suhartini juga berharap kegiatan ini bisa memacu masyarakat untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan. Warga telah mempersiapkan acara tersebut sejak tiga bulan lalu.

"Acara ini berkat dukungan seluruh warga, tokoh masyarakat, pengurus RT dan RW. Manfaatnya bukan hanya lingkungan bersih, tetapi dengan adanya kawasan wisata kuliner ini masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi secara langsung," katanya.

Dalam acara tersebut, masyarakat dapat menikmati berbagai macam makan an khas seperti soto lamongan, pecel lele, nasi bebek, soto babat, dan sayur asam. Selain itu masyarakat juga dapat menikmati aneka jajanan pasar otak-otak, kue basah, dan makan an lainnya.

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pada Rabu (23/5/2012). Fauzi mengatakan, ia berharap masyarakat dapat menjaga kebersihan secara berkelanjutan.

"Saya masih ingat pemandangan masa lalu di Kali Kresek. Dulu sampahnya banyak, kumuh. Sekarang banyak perbaikan, sudah bersih, tolong dijaga," ujarnya.

Pemukiman Kali Kresek yang menjadi lokasi wisata kuliner adalah RW 02, 04, dan 07 Kelurahan Lagoa. Nampaknya, warga senang dengan adanya kawasan wisata kuliner di pesisir Kali Kresek.

Zainal (35), Warga Lagoa mengaku senang dengan adanya perbaikan di kawasan tersebut. Ia mengatakan, sudah banyak perbaikan, diantaranya perbaikan jalan, penertiban gubuk liar, dan pembersihan kali.

"Saat ini masyarakat dapat memanfaatkan kawasan ini menjadi lebih baik. Sampah-sampah yang dahulu hanya didiamkan, kini sampah bisa diolah menjadi barang daur ulang. Masyarakat juga bisa berdagang makan an," paparnya.



SUMBER
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger