Yuk, Selami Jurang Bawah Laut!


Yuk, Selami Jurang Bawah Laut!



SALAH satu wisata yang sedang menjadi minat banyak orang saat ini adalah wisata diving, menyelam ke dalam laut untuk melihat pemandangan alam bawah air. Semakin banyak wisatawan yang menjelajahi dunia, mencari titik-titik selam baru untuk dijelajah. Berikut ini adalah beberapa titik selam bawah laut terbaik di dunia dengan pemandangan yang unik dan menarik.

Simak ulasannnya berikut ini, seperti dikutip dari CNNgo:

Great Blue Hole, Belize

Terbentuk pada akhir zaman es, lubang besar di tengah perairan Belize berwarna biru ini memiliki lebar 300 meter dan kedalaman hingga 124 meter. Great blue hole terdiri dari formasi batu kapur yang selama bertahun-tahun telah berevolusi menjadi sebuah jurang yang terbentuk di dalam laut. Hanya penyelam ahli yang berani menyelami tempat ini. Di dalam airnya, penyelam akan menemukan stalaktit dan stalagmit dalam berbagai warna, serta banyak gua-gua dalam air. Situs penyelaman ini memiliki visibilitas hingga 15-30 meter.

Barracuda Point: Pulau Sipadan, Malaysia

Saat Anda turun menyelam di Barracuda Point, Anda akan merasa bagai berada di tengah jalan raya yang padat, karena lalu lintas di titik penyelaman ini sangat ramai dengan berbagai macam ikan yang melintas cepat. Anda akan mendapati diri berada di tengah putaran ikan barakuda, atau mungkin hiu martil dan ikan pari. Titik selam ini memiliki kedalaman 5-40 meter, dengan visibilitas penyelaman sejauh 30 meter. Untuk mencapai titik selam ini tidak begitu jauh dari pantai, hanya lima menit dari sebelah timur pinggir pantai Pulau Sipadan.

Yongala: Queensland, Australia

Lokasi penyelaman satu ini dianggap salah satu yang terbaik karena memiliki pemandangan kapal karam SS Yongala yang tenggelam akibat badai tropis pada 1911. Bangkai kapal ini ditemukan pada 1950, dan telah menjadi sarang bagi hewan-hewan laut yang ganas seperti hiu, pari, dan lain-lain. Namun daya tarik utamanya adalah penampakan paus humpback, paus besar yang memiliki panjang 16 meter dan berat hingga 50 ton. Kedalaman situs selam ini adalah 25-30 meter, dengan visibilitas hingga 15 meter.

SS Thistlegorm: Laut merah, Mesir

Sama seperti situs penyelaman sebelumnya, situs ini juga merupakan terkenal karena menjadi lokasi karamnya sebuah kapal yaitu SS Thistlegorm yang tenggelam pada 1941 karena diserang. Kapal ini membawa berbagai senjata, serta kendaraan perang yang kini masih berada di dasar laut bersama bangkai kapal. Para penyelam gemar berenang di sekitar dan masuk ke dalam bangkai kapal ini berbekalkan senter untuk melihat senjata-senjata perang yang telah berkarat. Ini merupakan tantangan tersendiri, karena ikan-ikan ganas kerap bersembunyi dibalik lumut tebal yang melapisi bangkai kapal ini. Situs penyelaman ini terletak di kedalaman 30 meter, dan visibilitas penyelaman yang juga sampai 30 meter. Lokasinya terletak tiga jam dari Semenanjung Sinai, Mesir.



Sumber
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger