Apple iPhone 4S





The Most Amazing iPhone Yet. Itulah tagline yang dibuat oleh Apple untuk mempromosikan iPhone terbaru mereka iPhone 4S. Hadir dengan bodi dan desain yang 99 persen sama dengan iPhone 4, 4S menawarkan kecepatan dengan prosesor dual core dan GPU yang lebih baik, serta kamera dan perekaman video dengan resolusi lebih besar. Oh, tentu saja Anda tidak bisa melupakan Siri, asisten pribadi berbasis pengenalan suara. Bagaimana dengan performanya, serta apakah iPhone 4S valuable untuk dibeli bagi Anda yang sekarang menggunakan iPhone 4? 




Paket Penjualan
Seperti biasa untuk paket penjualan Apple memang agak pelit dan minimalis, hanya ada charger, headset dan kabel data serta buku manual, stiker Apple, dan jarum untuk membuka slot kartu SIM.




Desain dan Bodi
Untuk desain dan bodi secara sekilas maupun jika Anda perhatikan, memang nyaris tidak ada bedanya dengan iPhone 4. Hanya ada perbedaan yang sangat minor berupa desain garis antena di kedua sisi kanan dan kiri ponsel dimana di iPhone 4 garis antena ini hanya di bawah saja sedangkan di iPhone 4S ada di bagian samping atas dan bawah. Desain iPhone 4S relatif mewah dan ekslusif, dengan desain yang agak mengkotak namun membentuk melengkung di keempat sudutnya. List silver yang terbuat stainles steel menambah kesan mewah. Untuk bagian depan dan belakang bahannya dari kaca. Meskipun agak berat, 140 gram namun hal ini membuat iPhone 4S enak dan nyaman digenggam.


Untuk detil-detilnya sendiri, di samping kiri ada tombol mute dan tombol volume. Di bagian atas ada jack audio dan tombol lock. Slot untuk memasukkan kartu SIM ada di sebelah kanan, di bagian tengah, untuk membukanya diperlukan semacam jarum yang ada di paket penjualan. Di bagian bawah ada port charger ala iPod , speaker dan mic. Di bagian depan layar 3.5 inci ada tepat di tengah-tengah, diapit oleh kamera depan dan earpiece di bagian atas dan tombol back di bagian bawah. Sementara itu di bagian belakang adalah logo Apple yang memantulkan refleksi serta beberapa tulisan seperti kode produksi dan keterangan produksi.


Layar
iPhone 4S memakai layar tipe IPS TFT. Sekilas terlihat layarnya lebih terang daripada iPhone 4 dan lebih bersifat warm. Layar tipe IPS ini meskipun secara kontras dan ketajaman warna kalah dibandingkan dengan Super AMOLED, namun warnanya lebih natural. Meski begitu untuk masalah display tentu saja relatif berbeda untuk setiap orang, ada yang ingin warna natural dan ada pula yang menginginkan warna-warni yang sangat eye candy dan punchy. Layar IPS iPhone 4S tergolong sangat baik jika Anda bandingkan dengan layar LCD maupun Super LCD. Tingkat kontras dan kepekatan warna hitam lebih bagus. Untuk sudut penglihatan segala arah nyaris sempurna dan jelas terlihat. Cahaya matahari sejak dahulu memang bukan merupakan masalah bagi layar iPhone, masih terlihat cukup jelas. 

Retina Display dengan kepadatan 330 piksel per inci masih ada di iPhone 4S, tentu karena ukuran layar dan resolusi yang digunakan sama persis dengan pendahulunya yakni iPhone 4. Ukuran layar 3.5 inci memang pas sehingga Anda tidak mengalami kesulitan saat menggunakan ponsel dengan satu tangan saja, namun untuk penikmat multimedia ukuran 3.5 inci terasa kecil di zaman smartphone dengan layar lebih dari 4 inci. Sebenarnya ada baiknya Apple membuat alternatif untuk mereka yang ingin layar lebih besar, namun dengan resolusi yang sama sehingga tidak menyusahkan developer aplikasi, walaupun dengan demikian titel Retina Display menghilang. Satu lagi yang mungkin agak mengganjal bagi penikmat video adalah rasio layar yang tidak begitu lebar, yakni 13.5 : 9, jika dibandingkan dengan HTC Sensation (16 : 9) dan Samsung Galaxy S II (15 : 9) sehingga saat memutar video yang saat ini kebanyakan berformat 16 : 9, border hitam atas bawah yang mengapit video lebih banyak daripada kedua pesaingnya.


Antar Muka
iOS 5 membawa banyak perubahan pada iOS dengan penambahan-penambahan fitur yang semakin membuat lengkap sistem operasi mobile milik Apple ini.antara lain :


A. Reader pada Safari - Sekarang membaca artikel pada sebuah website menjadi lebih mudah dan fokus dengan fitur reader pada Safari ini.


B. Integrasi Twitter - Dengan integrasi pada Twitter, kini tidak hanya foto, tetapi lokasi dan laman website juga dapat Anda share dengan follower Anda.


C. Memory Usage - Disini terlihat berapa banyak memori yang dihabiskan oleh aplikasi / games yang terinstall beserta data-data nya.


D. WiFi Sync - Charge iPhone Anda, koneksikan dengan WiFi yang sama, dan sinkronisasi dengan iTunes akan berjalan otomatis.


E. Private Browsing - Tingkat keamanan browser pada iOS 5 telah ditingkatkan dengan berbagai macam pengaturan terkait security dan salah satunya adalah private browsing serta pemilihan untuk membuka tab baru di depan / di belakang.


F. iMessage - Pengguna bisa memilih untuk mematikan atau menyalakan fitur iMessage yang menjadi satu dengan aplikasi SMS. Selain itu juga ada pilihan untuk menerima notifikasi baca dan mengirim sebagai SMS jika tidak ada jaringan data 


G. Notification Center - Daftar semua notifikasi yang ada terletak disini bersamaan juga dengan prakiraan cuaca serta daftar nilai saham. Kedua informasi mengenai cuaca dan saham berasal dari aplikasi Stock dan Weather yang data nya berasal dari Yahoo!, jadi untuk menambah atau mengganti keterangannya bisa dilakukan dari aplikasi Stock dan Weather. Notifikasi pada Notification Center ini juga bisa diatur tata letak dan bagaimana notifikasi ini akan muncul.


H. Grid 3x3 pada kamera - Fitur ini berasal dari hukum pada fotografi untuk menentukan lokasi atas, tengah, dan bawah pada saat mengambil gambar.


I. Rich Text Format - Dalam aplikasi email pengguna bisa mengubah format dari kata-kata / huruf yang ada seperti bold, italic, underline, dan quote.


J. Akses cepat ke kamera - Jika dalam keadaan terdesak dan ingin segera mengambil gambar bisa langsung dilakukan dari lockscreen dengan mengklik dua kali tombol home.


K. iCloud - iCloud akan memback-up secara otomatis data-data yang ada dengan batasan maksimal adalah 5GB diberikan secara gratis. Data yang diback-up antara lain adalah bookmark, foto, notes, kalender, kontak, reminders, email, dokumen dan data aplikasi, serta digunakan juga untuk fitur Photo Stream dan Find My iPhone.


L. Photo Stream - Fitur ini memanfaatkan iCloud untuk mensinkronisasikan foto yang ada diambil pada satu iDevices untuk ditransfer secara otomatis ke gadget lain baik berbasis iOS, Windows, dan Mac melalui cloud.


M. Delta Update via OTA - Dengan iOS 5, pengguna iDevice bisa melakukan update secara wireless dengan secara otomatis men-download penambahan update OS tanpa perlu mengunduh keseluruhan OS nya.


N. Shortcut - Fitur ini mirip dengan AutoText pada Blackberry dimana Anda dapat mengganti suatu kata dengan kata lain ketika diketik.


O. Mengubah nama iDevice - Sebelumnya Anda harus menggunakan iTunes untuk memberi nama pada iDevice. Kini dengan iOS 5, nama itu bisa diubah langsung dari iDevice.


P. Mengatur getaran - Apple menyediakan fitur pengubah vibra sehingga Anda bisa mengatur sendiri bagaimana iDevice Anda akan bergetar sebagai pengganti getaran standar bawaan.


Q. Reminder dengan GeoTag - Aplikasi Reminder ini selain akan mengingat perintah berdasarkan waktu yang sudah diatur, bisa juga memunculkan alert pengingat berdasarkan lokasi yang sudah ditetapkan. Sangat membantu.


R. Peningkatan kemampuan Maps - Google Maps pada iOS 5 mengalami peningkatan fitur yakni re-lokasi otomatis jika Anda sudah melewati rute yang ditetapkan oleh peta sehingga tidak perlu lagi mengatur jalur dan satu fitur lagi adalah suggestion route yang akan memberikan Anda beberapa pilihan rute jika ingin pergi ke suatu tempat.


S. Editing foto sederhana - Secara bawaan, iOS 5 memiliki 4 fitur editing foto sederhana yakni rotate, auto enhance, red eye reduction, dan crop.


T. Membuat album foto baru - Jika dulu di iOS 4 Anda harus menggunakan iTunes untuk memasukan folder foto / gambar baru, kini membuat album bisa dilakukan secara langsung di iOS 5 pada tampilan album. Tentu saja Anda juga bisa memindah-mindahkan foto antar album secara manual.


U. UI membulat - Salah satu perubahan minor di iOS 5 adalah berubah nya tampilan UI menjadi lebih membulat jika dibandingkan dengan UI kotak pada iOS 4.


Keadaan saat ter-unlock masih sama dengan iOS versi 4. Bedanya, jika saat keadaan layar terkunci dan mati Anda menekan tombol Home dua kali, muncul dua akses pintas ke pemutar musik dan kamera, sangat berguna bagi Anda yang ingin memotret secara cepat. Anda dapat mengganti wallpaper lockscreen maupun background menu. Menu utama pun masih khas iPhone, menyamping horizontal dengan menu search pada opsi di paling kiri. Letak ikon dapat Anda ubah sesuka hati Anda. Ikon aplikasi tediri dari 4x4 ikon dan 4 ikon utama di bagian bawah. Anda tekan Home dua kali maka akan terbawa ke most recent apps. Menu khas Apple, simpel dan intuitif, mudah dipakai. Yang terutama adalah kecepatannya, tidak ada lag ataupun apapun yang mengganggu. Penggunaan layar IPS membuat latar belakang iOS yang kebanyakan putih lebih optimal.


Input Teks
Keyboard QWERTY adalah satu-satunya metode input untuk iPhone 4S, dengan fitur-fitur seperti auto-kapital, auto correct, check spelling, enable capslock dan shortcut. Shortcut ini bisa Anda edit sendiri, jadi seperti halnya auto-text pada BlackBerry. Untuk keyboard berbahasa lain seperti Chinese, Arabic, Japanese dan lain-lain dapat Anda pilih sebagai International Keyboard dengan cara memilihnya terlebih dulu di Setting kemudian pilih keyboard lalu International Keyboard. Lalu ketika mengetik Anda bisa melakukan switch dengan menekan tombol globe. Tahan untuk memilih bahasa yang ingin digunakan jika Anda menginstal banyak pilihan bahasa. Meskipun layarnya iPhone 4S hanya 3.5 inci namun untuk pengetikan cukup nyaman dan akurat meski dalam mode portrait sekalipun.


Kontak
Kontak terdiri dari Favourites, Recent, contacts. Untuk tiap kontak dapat Anda tambahkan foto, nama, email, nomor telepon, ringtone, sms tone, home page, alamat dan lain-lain. Jika Anda sudah menginstal aplikasi Facebook, kontak dari sana dapat Anda sinkronisasikan dengan kontak di ponsel.


Messaging
Fitur terbaru untuk iOS 5 adalah iMessage, sejenis chatting yang mirip dengan BBM yang ekslusif untuk iMessage saja, namun memakai nomor telepon maupun Apple ID sebagai akun yang digunakan. Pengguna bisa memilih untuk mematikan atau menyalakan fitur iMessage yang menjadi satu dengan aplikasi SMS. Selain itu juga ada pilihan untuk menerima notifikasi baca dan mengirim sebagai SMS jika tidak ada jaringan data

Untuk layanan email yang tersedia adalah Microsoft Exchange, Google Mail, Yahoo, AOL dan Hotmail. Layanan email bawaan yang bersifat push hanya Yahoo dan Exchange saja.

Kamera
Kamera iPhone 4S mengalami peningkatan dari iPhone 4 yakni menjadi 8 megapiksel. Fitur dan antar mukanya masih sangat simpel, terlalu sederhana malah. Pengaturan resolusi saja tidak ada. Hanya ada fitur pengaturan LED flash, fitur grid dan HDR. Focus dari kamera iPhone 4S bersifat continous, sedangkan secara manual Anda bisa menggunakan tangan Anda untuk melakukan touch to focus. Kamera depan dengan resolusi VGA cukup berguna untuk yang narsis, meskipun penggunaan utamanya tentu untuk melakukan video call melalui FaceTime.
Hasil kamera tergolong bagus dan memiliki kualitas warna yang cemerlang meskipun foto dilakukan di dalam ruangan. Shutter speed cukup cepat, hanya 0.5 detik kamera sudah bisa digunakan untuk memotret kembali. Hasil foto dalam ruangan meskipun banyak noise tapi tidak mengganggu. Apalagi LED flashnya cukup terang. Tidak mengherankan kalau hasil fotonya bagus, satu foto bisa berukuran antara 2-3 MB

Perekam Video
Perekam video pun mengalami peningkatan menjadi 1080p. Fiturnya lebih sederhana lagi daripada kamera. Hanya ada pengaturan LED flash. Sama seperti kamera, pemilihan resolusi rekaman video tidak ada, jadi Anda benar-benar harus menyiapkan banyak space kosong untuk sewaktu-waktu dibutuhkan merekam video, karena video 1080p sangat boros memori meskipun hasilnya memang bagus.
Hasil perekaman video berukuran sangat besar, 1 menit perekaman video memakan storage nyaris 180 MB. Kualitasnya tentu bagus, dengan touch to focus menjadikan video dalam mode makro sangat sempurna. Namun continous autofokus berjalan lambat pada unit yang kami review, meskipun touch to focus bekerja cepat. Bitrate yang dihasilkan adalah 24.000 kbps lebih dengan frame rate 28 frame per detik. Untuk lebih jelasnya silakan streaming video berikut pada mode 1080p.

Pemutar Video
Untuk codec video yang didukung oleh iPhone 4S hanya sedikit yakni mp4, m4v dan mov saja. Video yang didukung bisa sampai 1080p. Video hasil unduhan dari Youtube dapat Anda masukkan melalui iTunes dan diputar dengan sempurna di iPhone 4s.

Pemutar Musik
iPhone adalah turunan iPod jadi wajar saja kalau pemutar musiknya masih memiliki ciri khas iPod yakni sinkronisasi dengan iPhone. Untuk kategori ada Playlist, Artist, Songs, Albums dan lain-lain. Ada fitur Cover Flow, pilihan Equalizer, shake to shuffle, volume limit, lyrics dan lain-lain. Kualitas suara bagusdan sangat kencang jika menggunakan headset bawaan Apple. Namun jika menggunakan speaker, suara terdengar cukup keras lebih kencang daripada iPhone 4 namun untuk kejernihan suara terasa kurang jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Konektivitas
iPhone 4S adalah ponsel global dimana ia bisa memakai jaringan GSM atau CDMA. CDMA-nya bersifat inject, sedangkat GSM biasa memakai kartu SIM. Untuk GSM jaringan internetnya maksimal adalah HSDPA quadband dengan kecepatan maksimal 14.4 Mbps sedangkan untuk CDMA memakai jaringan CDMA2000 1xEV-DO. Bluetooth sudah versi terbaru Bluetooth 4.0 dan iPhone 4S adalah ponsel pertama dengan bluetooth 4.0. Namun Anda tidak bisa mengirim gambar atau konten melalui bluetooth. Untuk koneksi WiFi adalah Wi-Fi 802.11 b/g/n serta bisa digunakan untuk Wi-Fi hotspot (tethering) serta sinkronisasi dengan iTunes namun hanya dalam keadaan ter-charge.

Web Browser
Tingkat keamanan browser pada iOS 5 telah ditingkatkan dengan berbagai macam pengaturan terkait security dan salah satunya adalah private browsing serta pemilihan untuk membuka tab baru di depan / di belakang. Satu lagi adalah fitur Reader terintegrasi untuk membaca artikel pada sebuah website menjadi lebih mudah dan fokus dengan fitur reader pada Safari ini. Browser Safari ini dapat membuka sampai dengan 8 buah tab. Streaming Youtube tidak seperti tampilan pada komputer jika Anda memainkan video Youtube akan terbuka aplikasi lain yakni video streaming.

Aplikasi Bawaan
Aplikasi default yang ada di iPhone 4S antara lain Calendar, Youtube, Google Maps, Weather, reminder,clock, Game center (login disini untuk membandingkan perolehan pada game Anda maupun untuk bermain bersama orang lain yang add Anda maupun Anda add disini), Newsstand (aplikasi untuk membaca majalah), iTunes, App Store, Stocks, calculator, compass, voice memo.

Daya Tahan Baterai
Apple dikatakan memiliki masalah dengan daya tahan baterai pada iOS 5, di iPhone 4S yang kami review tidak bermasalah, dari jam 10 pagi ketika indikator menunjukkan angka 30 persen, pada sore hari jam 4 sore baru kritis dan mencapai angka dibawah 5 persen

Kelebihan:
  • Prosesor dual core ARM Cortex A9 dengan GPU PowerVR SGX 543MP2
  • Kamera dan perekaman video yang sangat bagus
  • Siri merupakan sebuah tambahan yang cukup fun
  • Performa smooth bebas lag
  • Dukungan App Store yang sangat banyak
Kekurangan:
  • Mahal
  • Terlalu tergantung dengan iTunes
  • Tidak ada slot micro SD
  • Desain itu-itu saja bahkan identik
  • masih banyak kekurangan seperti SIM card failure







Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger