5 Kota Terbersih Di Dunia


1. Amsterdam ( /ˈæmstərdæm/; bahasa Belanda [ˌɑmstərˈdɑm]  ( dengarkan)) adalah kota terbesar sekaligus ibu kota Belanda. Posisi Amsterdam saat ini sebagai ibu kota Kerajaan Belanda diatur oleh konstitusi 24 Agustus 1815 dan penerusnya. Amsterdam memiliki jumlah penduduk sebanyak 783.364 jiwa di dalam batas kota, populasi perkotaan 1.209.419 jiwa dan populasi metropolitan 2.158.592 jiwa. Kota ini terletak di provinsi Holland Utara di sebelah barat negara ini. Wilayah Amsterdam mencakup bagian utara Randstad, salah satu konurbasi terbesar di Eropa dengan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa.
Nama kota ini berasal dari kata Amstelredamme, yang merupakan asal usul kota ini, yaitu sebuah bendungan di sungai Amstel. Dulunya dihuni sebagai desa nelayan kecil pada akhir abad ke-12, Amterdam menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia selama Masa Keemasan Belanda, akibat pengembangan perdagangan yang inovatif. Pada waktu itu, kota ini merupakan pusat keuangan dan permata terdepan. Pada abad ke-19 dan ke-20, kota ini memperluas diri dan banyak permukiman serta kota pinggiran yang dibangun. Kanal-kanal Amsterdam (Belanda: 'Grachtengordel') abad ke-17 yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2010.
Kota ini adalah ibu kota keuangan dan budaya Belanda. Banyak perusahaan besar Belanda memiliki kantor pusat di sana, dan 7 dari 500 perusahaan teratas dunia, termasuk Philips dan ING, berpusat di kota ini. Pada tahun 2010, Amsterdam menempati peringkat ke-13 dalam daftar kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia oleh Mercer, dan sebelumnya peringkat ke-3 dalam inovasi oleh 2thinknow pada Indeks Kota Inovasi 2009.


2. Chicago adalah kota terbesar di negara bagian Amerika Serikat Illinois, didirikan pada 12 Agustus 1833. Termasyhur untuk peternakan dan area industrinya yang tersebar, pelabuhannya yang strategis di Danau Besar, posisinya sebagai pusat jaringan KA terpenting di AS bagian utara, dan semangatnya yang tak kunjung padam selama Kebakaran Besar 1871. Juga dikenal dengan sastrawan terkenal seperti Saul Bellow, Gwendolyn Brooks, Carl Sandburg, dan Theodore Dreiser, serta arsitektur kelas dunianya yang dihasilkan para master seperti Frank Lloyd Wright.
Ukuran Chicago kini-± 762 mil2 (1.973 km2)-berkembang dari pos perdagangan di sini oleh John Kinzie pada 1796.
Gedung pencakar langit yang diperkuat baja berasal dari Chicago. Gedung Asuransi Rumah Chicago selesai dibangun (1885) dan 9 tahun kemudian, 21 gedung dibangun dengan tinggi ±12-16 lantai. Tumbuh menjadi kota terkemuka abad 19 karena letak dan posisi pentingnya sebagai pusat transportasi, Chicago ditunjuk menyelenggarakan Ekspo Kolumbia Dunia 1893, mengalahkan bahkan NYC dan Washington DC.
Selama masa pelarangan 1920an, Chicago terkenal karena para boss organisasi kejahatannya seperti Al Capone yang mengendalikan bisnis dan kadang-kadang politik. Memerangi mafia berarti siap menghadapi tindak kekerasan, dan penduduknya menyaksikan dengan waspada saat kekejian meningkat, dan berpuncak pada berbagai peristiwa seperti Pembantaian Hari Valentine 1929. Saat itu, kota ini menjalani hidup dengan musik dan warna, tersembunyi di kedai MiRas tempat perempuan berdansa dan uang mengalir seperti air.
Chicago merupakan pangkalan sebagian kelompok teater di Amerika, termasuk Kota Kedua dan Institut Seni Chicago.
Walikotanya banyak yang menarik perhatian nasional seperti Richard J. Daley yang menguasai politik di Chicago sekian dekade sampai mati 1976, lalu putranya yang berkuasa di dekade berikutnya.
Dewasa ini merupakan kota di Amerika yang menjadi lokasi konvensi, juga telah tumbuh menjadi pusat jaringan KA terpenting di Illionis Central, Burlington Northern dan Atchison Topeka & Santa Fe. Kedua yang disebut terakhir ini menggabungkan operasionalnya (1995) menjadi sistem KA terbesar di belahan Barat. Chicago-sebagai jantung jalan KA nasional-alah pusatnya. Kota di tepi danau ini terkenal di selurau Amerika karena rumah, taman, dan pantainya. Penduduk Chicago sebanyak 2,8 juta jiwa masih dianggap sebagai masyarakat ter’liar’ dan kreatif di Amerika.



3. London (ejaan Inggris: [ˈlʌndən]) adalah ibu kota Inggris dan Britania Raya. Kota yang dibangun oleh orang Romawi pada masa lampau dan dulu disebut Londinium ini pada 1 Januari 2005 berpenduduk sekitar 7,4 juta jiwa di daerah London Raya dan berjuta-juta jiwa lagi di daerah metropolitannya.
Penduduk London terdiri dari berbagai macam etnik, budaya, dan agama, serta berbicara dalam hampir 300 bahasa, yang menjadikannya kota paling kosmopolitan dan dinamis di dunia. Penduduk London biasa menyebut dirinya Londoner.
London juga merupakan basis berbagai organisasi, institusi dan perusahaan yang berpengaruh di dunia. London juga merupakan percampuran antara tradisi dan teknologi, serta salah satu tujuan wisata utama.

Logo Olimpiade London 2012
London termasuk salah satu kota besar di dunia bersama New York, Paris, dan Tokyo. London juga sangat berkembang dalam berbagai bidang seperti finansial, komunikasi, dan seni. London juga memiliki berbagai kastil, museum, teater, gedung konser, galeri, bandara, stadion olah raga, dan istana.
Pada 6 Juli 2005, London berhasil mendapatkan hak menyelenggarakan Olimpiade 2012. Sebelumnya, London juga pernah menyelenggarakan Olimpiade 1908 dan Olimpiade 1948.


4. Portland merupakan sebuah kota di Amerika Serikat. Kota ini letaknya di bagian barat. Tepatnya di negara bagian Oregon. Pada tahun 2008, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 557.706 jiwa dan memiliki luas wilayah 376,5 km².
Kota ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 1.655,31 jiwa/km². 






5. Paris (pengucapan /ˈpærɨs/ dalam bahasa Inggris;) dalam bahasa Perancis) adalah ibu kota Perancis. Terletak di sungai Seine, di utara Perancis, di jantung region Île-de-France (juga dikenal sebagai "Region Paris"; bahasa Perancis: Région parisienne). Kota Paris pada batas administratifnya (tak berubah sejak 1860) memiliki penduduk 2.167.994 jiwa (Januari 2006).Unité urbaine Paris (atau wilayah urban) memanjang ke luar batas kota administratif dan memiliki perkiraan penduduk 9.93 juta (tahun 2005).Aire urbaine Paris (atau wilayah metropolitan) memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa,dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa.
Pemukiman penting bagi lebih dari dua milenium, Paris hari ini menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia, dan campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni semuanya membantu statusnya sebagai salah satu kota global terbesar di dunia.Region Paris (Île-de-France) adalah ekonomi kota terbesar di Eropa, dan kelima terbesar dalam daftar kota menurut PDB dunia. Dengan €500.8 miliar (US$628.9 miliar), kota ini menghasilkan seperempat produk domestik bruto (PDB) Perancis tahun 2006. Region Paris memiliki 36 dari perusahaan Fortune Global 500 di beberapa distrik bisnis, terutama La Défense, distrik bisnis terbesar di Eropa.Paris juga memiliki banyak organisasi internasional seperti UNESCO, OECD, ICC dan Paris Club.
Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun.Terdapat sejumlah marka tanah terkenal di antara berbagai atraksinya, bersama dengan institusi terkenal dan taman terpopuler di dunia.








Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Jatisaba Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger